menikmati biota laut
Destinations

Berlibur Lebih Menyenangkan di Baobab dan Jakarta Aquarium, Terbaru dari Taman Safari Indonesia

Berdiri sejak tahun 1980, Taman Safari Indonesia identik sebagai tempat wisata yang menyuguhkan berbagai jenis satwa jinak dan liar serta langka. Terpelihara dalam hutan seluas 168 hektar, pengunjung diberikan kesempatan untuk menikmati wisata edukasi dengan menyaksikan satwa-satwa tersebut lebih dekat, tidak hanya dalam kandang namun juga melihat secara langsung yang bebas berkeliaran.

Dengan jumlah satwa lebih dari 2.500 jenis satwa dan menjadi taman safari terbesar di Asia, tentu saja satwa-satwa yang dipelihara tidak hanya satwa-satwa yang memiliki habitat di darat namun juga ada yang memiliki habitat di air.

Salah satu usaha untuk menambah keanekaragaman satwa air ini adalah ditambahnya jumlah kolam dan akuarium di Taman Safari Indonesia. Dua diantara resor terbaru yang ditambah dalam koleksi tersebut adalah Baobab Safari Resort yang berlokasi di Taman Safari Indonesia Prigen sendiri di Pasuruan serta Jakarta Aquarium di mall Neo Soho, Jakarta Barat.

Ingin tahu keterangan lebih lengkap mengenai kedua koleksi terbaru ini? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

  1. Tamasya ke Afrika di Baobab Safari Resort
serasa di afrika
Menginap Bersama Satwa di Baobab Safari Resort

Terletak di kaki Gunung Arjuno, Baoba Safari Resort mengambil konsep penginapan di tengah hutan Afrika dengan satwa-satwa khas-nya yang mempesona. Beberapa diantara satwa-satwa khas Afrika yang bisa dijumpai di resort ini adalah kuda nil, singa, pelican, banteng afrika, jerapah, zebra, rusa, hingga kerbau afrika. Ada enam tipe kamar yang dimiliki oleh resort ini dengan jumlah keseluruhan kamar adalah sekitar 148 kamar. Keenam tipe tersebut adalah Deluxe Hills, Deluxe Savanna, Premium Hills, Premium Savanna, Junior Suite Hills dan Junior Suite Savanna.

Untuk kamar-kamar bertipe “hills” maka pemandangan kamarnya adalah langsung mengarah ke fasad depan bangunan. Sementara untuk yang tipe “savanna”, pemandangannya langsung mengarah ke tempat dimana para satwa Afrika tinggal. Harga untuk masing-masing kamar berkisar mulai dari 800.000 rupiah hingga 1.800.000 rupiah per-malam tergantung dengan jenis kamar yang Anda pilih.

Luas kamar pun cukup besar minimal 32 m2 dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas ala hotel berbintang yakni amenities lengkap, free breakfast wifi, dan free wifi. Ada juga fasilitas restaurant yang menyajikan menu lokal hingga western yang pastinya menggugah selera Anda. Tak ketinggalan juga swimming pool yang memiliki pemandangan langsung ke arah savanna tempat banyak satwa bercengkerama.

Baca Juga : 6 Pesona Sebuah Daerah di Jakarta bernama PIK (Pantai Indah Kapuk)

Bila Anda datang bersama keluarga maka menginap dan berlibur di Baobab Safari Resort merupakan pilihan tepat karena Anda akan menemukan banyak aktivitas bernuansa edukasi alam yang kental. Beberapa diantara aktivitas tersebut adalah feeding time, storytelling untuk anak-anak, kegiatan api unggun hingga night walk di hutan selama lebih kurang 30 menit.

Seperti halnya Taman Safari Indonesia pada umumnya, di wahana terbaru Baobab Safari Resort ini Anda juga diberi kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan jerapah dan singa misalnya dengan memberi makan langsung kepada  jerapah. Pemberian makannya dilakukan tiga kali sehari yakni pada pukul 08.00, pukul 10.00 serta pukul 16.00 WIB.

Interaksi langsung dengan satwa seperti inilah yang mampu membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan. Ditambah lagi pemandangan khas bernuansa Afrika dari balkon resort pun menjadi pengalaman liburan yang tak akan terlupakan bagi Anda dan keluarga. Tertarik bukan untuk ke sana?

 

  1. Tujuh Pesona Jakarta Aquarium yang Tak Bisa Dilewatkan
menikmati biota laut
Menikmati Biota Laut di Jakarta Aquariu

Terletak di mall Neo Soho, Jalan Letjen S.Parman, Jakarta Barat, Jakarta Aquarium merupakan salah satu destinasi liburan yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebagai bagian dari proyek terbaru Taman Safari Indonesia, Jakarta Aquarium menonjolkan wahana wisata bawah laut dengan tujuan memperkenalkan satwa-satwa air bagi para pengunjung yang datang. Hal itu tentu selaras dengan visi-misi yang diusung Taman Safari Indonesia selama ini yakni mmperkenalkan dan melindungi satwa-satwa jinak, liar dan langka kepada masyarakat. Penasaran dengan wahana-wahana yang ada di Jakarta Aquarium? Ayo ikuti penjelasannya baik-baik di bawah ini.

  • Touch Pool
touch pool
touch pool

Diklaim sebagai indoor aquarium terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Aquarium merupakan sebuah tempat rekreasi keluarga berbasis urban concept. Sebagai tempat wisata yang menghadirkan banyak satwa, Jakarta Aquarium tentunya memiliki wahana unik yang bertujuan memberikan edukasi kepada pengunjungnya. Salah satunya adalah Touch Pool yang merupakan wahana kolam tempat Anda dapat menyentuh secara langsung ikan teripang, bintang laut dan tiram lho. Tambahan lagi, Anda juga dapat melihat secara langsung aktivitas hewan kelomang di pohon-pohon dan pasir-pasir yang ada di Jakarta Aquarium menggunakan bantuan loop (kaca pembesar).

  • Sea Trekking
sea trekking
sea trekking

Tak hanya itu, oleh karena menawarkan wisata air yang modern, Anda juga diberi kesempatan untuk melakukan sea trekking yakni menyelam bersama ikan pari sambil memakai pengaman yang sudah disiapkan. Namun, bagi Anda yang sudah memiliki lisensi menyelam maka bisa menantang diri sendiri untuk menyelam bersama hiu Black Tip Reef. Keren sekali, bukan?!

  • Bercengkerama dengan Satwa-satwa Darat

pinguin di Jakarta Aquarium

Meski namanya adalah akuarium, namun ternyata Anda juga dapat bercengkerama dengan satwa-satwa darat, lho. Nah, beberapa satwa darat endemic yang bisa dijumpai di sini adalah ular piton dan bayi landak.

  • Otter Tunnel
otter tunnel
otter tunnel

Untuk para pengunjung remaja yang suka berfoto-foto, Jakarta Aquarium juga menawarkan spot-spot foto yang menarik untuk ditangkap mata lensa. Misalnya saja dalam Otter Tunnel, Anda dapat berfoto sambil bercengkerama bersama berang-berang lucu yang sedang makan dan berenang.

  • Restauran Pingoo
restoran pingoo di Jakarta Aquarium
Makan Bersama Pinguin di Restauran Pingoo

Bagi Anda yang ingin mencoba berbagai kuliner sambil melihat sekelompok penguin Humboldt, maka berkunjunglah ke restauran Pingoo. Di sini Anda dapat mencoba American Grill yang enak dan rasanya lezat tersebut. Setelah terisi, barulah Anda melanjutkan perjalanan menjelajah lautan dalam dengan menaiki kapal selam. Pengalaman menjelajah tersebut akan sangat jelas.

  • Kids Classroom
kids classroom di Jakarta Aquarium
kids classroom untuk anak-anak di Jakarta Aquarium

Tak ketinggalan, untuk Anda yang datang bersama anak-anak dan keluarga maka taka da salahnya mengajak si kecil masuk ke Kids Classroom. Di sini mereka dapat membuat sekaligus mewarnai ikan-ikan favoritnya sekreatif mungkin. Selanjutnya agar hasilnya lebih maksimal, gambar-gambar tersebut bisa dicetak dengan printer 3D dan bisa menjadi kenang-kenangan si kecil.

  • Pertunjukan Teater Bawah Air
Teater Bawah Air di Jakarta Aquarium
Keseruan Pertunjukan Teater Bawah Air di Jakarta Aquarium

Melengkapi diri sebagai salah satu destinasi lengkap bagi warga ibukota, Jakarta Aquarium juga menghadirkan format pertunjukan lakon untuk menghibur pengunjungnya. Sebut saja pertunjukan Pearl of the South Sea yang bercerita tentang kerajaan laut Nusantara. Pertunjukan ini menampilkan para aktor yang lihai dalam menyuguhkan penampilan terbaik mereka kepada para pengunjung seperti trik-trik ilusi hingga tarian bawah laut yang mempesona. Penasara bagaimana mereka mengemas pertunjukan mereka di bawah air? Datang dan tonton langsung ke Jakarta Aquarium.

Selain menikmati wahana-wahana di atas, Anda juga dapat membeli souvenir beraneka ragam di Jakarta Aquarium. Souvenir-souvenir tersebut tentu saja bisa menjadi cinderamata khas laut yang unik dan lucu untuk dibawa pulang. Ada banyak bentuk souvenir-souvenir ini diantaranya adalah kaos, sandal dan tas-tas yang lucu. Sayang sekali kalau Anda tidak membelinya.

Sebagai informasi, untuk masuk ke Jakarta Aquarium, Anda juga diwajibkan membeli tiket seperti tempat-tempat lainnya. Pada weekdays yakni Senin hingga Jumat, orang dewasa membayar sekitar 150.000 rupiah sedangkan anak-anak hanya sebesar 125.000 rupiah saja. Sementara itu, untuk weekend orang dewasa membayar sekitar 200.000 rupiah sedangkan anak-anak hanya membayar seharga 150.000 rupiah saja.

Nah, melihat dari banyaknya wahana yang dapat dinikmati di kedua tempat tersebut di atas, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyempatkan diri bersama keluarga untuk berlibur ke salah satu atau kedua tempat itu sekaligus. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta, maka singgahlah ke Jakarta Aquarium dan bercengkrama-lah bersama satwa-satwa yang ada di sana. Sedangkan bagi Anda yang sedang berada di daerah Jawa Timur atau sedang berkunjung kerja dan akan menginap beberapa hari di sana maka cobalah Baobab Safari Resort yang akan menawarkan sensasi menginap di tengah hutan yang tidak biasa kepada Anda. Hitung-hitung liburan sambil kerja, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/destinations/berlibur-di-baobab-dan-jakarta-aquarium">
Twitter