Destinations

6 Pesona Sebuah Daerah Bernama PIK (Pantai Indah Kapuk) di Jakarta yang Tak Boleh Anda Lewatkan Begitu Saja

Jakarta selalu identik dengan suasana khas kota metropolitan dan ibukota sebuah negara yakni “panas, sibuk dan macet”. Tidak salah bila setiap weekend ataupun hari libur nasional warga Ibukota selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat-tempat liburan di luar kota. Hal itu tentu saja dilakukan sebagai upaya membebaskan diri dari segala kejenuhan serta beban yang sudah menumpuk selama hari kerja.

Mungkin bagi warga menengah ke atas liburan ke Puncak atau Bali atau ke luar kota lainnya menjadi alternatif wisata yang tidak memberatkan kantong sama sekali. Namun bagaimana dengan warga biasa yang memiliki uang pas-pasan namun juga ingin membebaskan diri sesaat dari beban pikiran dengan menyambangi tempat-tempat wisata? Alhasil, Taman Impian Jaya Ancol dan Dufan pun menjadi salah satu pilihan nomor wahid dan sering disambangi oleh warga ibukota menengah ke bawah, padahal di kota ini juga ada lho tempat wisata yang tak kalah indahnya.

Nah, bila Anda sebagai warga ibukota kebanyakan yang butuh sekali dengan yang namanya piknik namun tidak membuat isi kantong menipis atau warga menengah ke atas yang ingin mengetahui seluk beluk tak biasa kota Jakarta, maka tak ada salahnya sekarang Anda melaju ke arah utara kota Jakarta. Disana ada sebuah lokasi  unik bernama Pantai Indah Kapuk yang mungkin sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan ada di kota seperti Jakarta.

Melihat sejarahnya, dulu kawasan ini merupakan sebuah kawasan kumuh yang banyak ditumbuhi pohon randu atau pohon kapuk yang tentu saja tidak dilirik oleh siapapun. Namun setelah diadakan pemugaran oleh perusahaan property Agung Sedayu Group, kawasan pantai ini pun menjadi destinasi yang wajib dimasukkan dalam list tempat liburan. Ingin tahu apa saja pesona yang disuguhkan, wahana serta fasilitas yang bisa Anda dapatkan bila berkeinginan untuk mengunjungi Pantai indah Kapuk?

Let’s check it out!

  1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

taman wisata alam angke kapuk

Image : 1001malam.com

Wahana wisata Pantai Indah Kapuk yang satu ini menawarkan berbagai macam fasilitas menarik dan memadai yang tidak boleh absen untuk dikunjungi. Anda bisa mencoba beragam wahana, sebut saja trekking di hutan, menumpang perahu kano, bahkan berjalan di atas jalur kayu yang unik. Selain itu, pemandangan hijau dengan udara segar, serta kesempatan bermalam sambil melihat bintang yang ditawarkan di sini tentu saja akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi Anda yang sudah terbiasa dengan kepadatan kota Jakarta.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat masuk ke kawasan ini adalah larangan membawa makanan dan minuman dari luar, serta tidak diperkenankan membawa kamera digital pro. Jika Anda nekat, biaya charge-nya bisa mencapai satu juta rupiah lho. Lumayan mahal, bukan! Oleh karena itu, manfaatkanlah fasilitas kamera yang ada di ponsel Anda, apalagi smartphone-smartphone zaman sekarang khan sudah canggih semua. Pastilah kualitas gambar yang diambil tidak beda jauh dengan kamera digital professional.

  1. Wisata Pantai
Wisata Pantai di PIK
Wisata Pantai di Pantai Indah Kapuk

image by : wisatatempat.com

Seperti namanya, tentu saja salah satu wisata yang tidak boleh Anda lewatkan di PIK adalah pantai-nya. Oleh karena letaknya berada di bibir pantai sebelah utara Jakarta, tepatnya di belakang pasar Muara Angke maka wisata pantai di PIK ini merupakan gerbang utama wisata Kepulauan Seribu yang terkenal tersebut. Anda bisa langsung menyeberang dan berwisata ke Kepulauan Seribu sehabis menikmati panorama pantai yang tidak kalah cantiknya di sini.

  1. Waterbom Modern yang Seru ala Pantai Indah Kapuk

wisata waterbom di pantai indah kapuk

Image : tanyawisata.com

Seperti banyak kawasan wisata lainnya, Pantai Indah Kapuk juga menawarkan wahana permainan berbasis air (waterbom). Sebut saja Aqua Tube, The Hairpin, Speed Slide atau Twizer Couple. Anda bisa mencoba wahana-wahana seru nan mengasyikkan ini bersama teman-teman dan keluarga.

Sebagai informasi, harga tiket yang harus dibayar ke waterbom ini berbeda bila weekdays dan weekend. Untuk weekdays, yakni Senin hingga Jumat pengunjung dewasa hanya membayar sebesar 170.000 rupiah saja sedangkan anak-anak sebesar 100.000 rupiah. Bila weekend dan hari libur nasional, anak-anak akan membayar sebesar 200.000 rupiah sedangkan dewasa mesti membayar tiket sebesar 270.000 rupiah.

Selain tiket, Anda juga akan mendapatkan beberapa promo diskon menarik hingga 50% bila memiliki kartu pelajar, kartu Waterbom Flazz dan kartu pelanggan BCA/Mandiri. Fasilitas-fasilitas yang dihadirkan di Waterbom juga tak kalah bagusnya misalnya loker penyimpanan untuk individu dan keluarga, gazebo sebagai tempat beristirahat, handuk, ban pelampung, hingga pakaian renang untuk laki-laki dan perempuan hingga yang berhijab. Menilik dari lengkapnya fasilitas dan wahana yang ada di Waterbom, bila Anda berniat ke PIK maka jangan lupa untuk berkunjung ke wahana seru dan asyik yang satu ini.

  1. Edukasi Alam di Hutan Mangrove

wisata hutan mangrove di pik

Image : www.tripadvisor.co.uk

Seperti halnya hutan Mangrove lainnya, hutan Mangrove Jakarta yang ada di Pantai Indah Kapuk juga menawarkan panorama khas hutan bakau yang alami dan eksotik. Saking uniknya, pesepakbola terkenal seperti Christiano Ronaldo pun sempat mengunjungi kawasan wisata ini saat lawatan ke Indonesia beberapa waktu yang lalu. Anda akan bisa berwisata edukasi alam lebih dekat dengan menjelajahi kawasan wisata seluas 99 hektar ini sambil merasakan udara segar khas hutan Mangrove secara langsung.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati adalah dengan menyewa perahu yang telah disediakan oleh pihak pengelola yang akan membawa Anda berkeliling hutan Mangrove hingga menyewa tempat menginap seperti tenda dan vila bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap tengah hutan. Harga-harga yang ditetapkan pun cukup terjangkau misalnya saja tiket masuk hanya sebesar 10.000 rupiah per-orang, sewa perahu seharga 50.000 rupiah per-40 menit hingga tiket masuk mobil hanya 5.000 rupiah.

Mengingat wisata ini adalah wisata alam hutan Mangrove yang mengharuskan Anda menyusuri hutan bakau yang lebat maka diperlukan tips dan trik khusus sebelum mencobanya. Beberapa diantaranya adalah dilarang memakai sandal jepit dan tidak menggunakan pakaian tebal, disarankan membawa kacamata agar tidak silau, selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan demi kelestarian hutan serta tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. Intinya tetaplah mematuhi semua ketentuan dan peraturan yang ada di Hutan Mangrove demi kenyamanan dan keselamatan Anda.

  1. Wisata Mall

Mall Pantai Indah Kapuk

Image : myfunfoodiary.com

Jakarta tanpa mall seperti bukanlah Jakarta, right? Nah, bagi Anda para wisatawan yang cinta mall tapi ingin berkunjung ke sini, maka tak perlu khawatir. Bagaimana tidak?! Kawasan Pantai Indah Kapuk juga memiliki deretan mall dengan fasilitas dan brand terbaik mulai dari mall bergaya western seperti Baywalk Mall Pluit hingga yang umum saja seperti Pluit Village, Emporium Pluit dan Pluit Junction.

  1. Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah

wisata kuliner es krim di pik

Image : depokterkini.com

Termasuk dalam kawasan perumahan elit Agung Sedayu Group, Pantai Indah Kapuk tentu saja memiliki wisata kuliner yang melimpah ruah, lho. Di kawasan ini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai tempat kuliner yang tak bisa dilewatkan untuk dikunjungi misalnya saja berbagai lounge, restoran seafood, chinnese food, hingga makanan kaki lima khas Indonesia yang tentu saja rasanya sangat lezat dan menggoyang lidah. Namun, bagi Anda pengunjung pemula maka jangan lupa untuk mencoba es krim Hongtang yang terkenal tersebut di Rukan Garden Blok B No. 18D, Bukit Golf Mediterania. Dijamin liburan weekend Anda akan menjadi tidak terlupakan.

Selain berbagai wahana dan fasilitas wisata seperti yang tersebut di atas, pihak pengelola PIK (Pantai Indah Kapuk) sendiri juga telah menyediakan beragam fasilitas memadai lainnya demi kenyamanan para wisatawan. Sebut saja akses sarana yang memadai seperti akses tol satu rute yang menuju bandara Soekarno Hatta dan Jakarta Outer Ring Road yang tentu saja akan memudahkan pengunjung yang datang. Anda bisa mencapai kawasan wisata yang berada diantara Jakarta Barat dan Tangerang ini dengan kendaraan pribadi seperti halnya motor dan mobil. Anda juga dapat menggunakan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang menuju ke Pantai Indah Kapuk dengan nyaman. Sesuaikanlah semua pilihan transportasi dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Harga tiket masuk kawasan wisata ini juga terbilang cukup murah lho. Tiket dihitung berdasarkan jenis kendaraan yang Anda gunakan ketika masuk dengan kalkulasi waktu per-hari, bukan per-jam. Misalnya saja kendaraan pribadi seperti mobil, maka akan dikenai biaya parkir sebesar 15.000 rupiah saja. Sementara itu bila datang rombongan dengan kawan-kawan sambil menumpang bus maka harus membayar tiket masuk sebesar 40.000 rupiah. Namun perlu diingat bahwa tiket masuk ini tidak termasuk ke dalam tiket wahana yang biasanya menetapkan harga khusus kepada pengunjung, misalnya saja wahana waterbom.

Selain itu, bagi Anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu lebih lama karena penasaran dengan segala fasilitas dan wahana yang ada di sana, maka tak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyiapkan tempat menginap yang sangat memadai lho. Ada rumah tenda unik yang bisa disewa seharga 300 ribu hingga 600 ribu. Ada juga villa dengan harga sewa mulai dari 1 juta hingga 6 juta rupiah. Sangat cocok di kantong, bukan?!

Demikianlah beberapa wahana dan fasilitas mumpuni yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Indah Kapuk (PIK). Bagi Anda yang sedang kebingungan menentukan tempat liburan yang menarik dan lebih dekat maka cobalah untuk menyempatkan diri ke sini. Atau bagi Anda yang sudah bosan berlibur ke luar kota seperti Bali, Lombok dan Raja Ampat, maka tak ada salahnya untuk mencoba liburan murah dan unik ke Pantai Indah Kapuk Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *