pulau seribu
Destinations

Serunya Menjelajah Ratusan Pulau di Kepulauan Seribu

Menghabiskan waktu liburan ke Kepulauan Seribu memang tak pernah memunculkan rasa bosan. Alasannya, kamu bisa menjumpai ratusan pulau cantik di wilayah kepulauan yang menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta ini. Ditambah lagi, akses transportasi yang bisa ditemukan untuk menjelajahi ratusan pulau tersebut juga cukup mudah. Demikian pula layanan akomodasi selama di Kepulauan Seribu.

Selama berada di area Kepulauan Seribu, kamu dapat mencoba berbagai aktivitas. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di hamparan pasir putih yang bersih. Aktivitas menelusuri keindahan alam bawah laut dengan snorkeling ataupun diving juga tak boleh dilewatkan.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa merasakan liburan romantis bersama pasangan selama berada di kawasan ini.

pulau seribu di jakarta

Pulau-Pulau yang Terkenal Keindahannya di Kepulauan Seribu

Selama berlibur ke Kepulauan Seribu, kamu bisa menemukan banyak pulau yang menawarkan pemandangan layaknya surga. Dari total sekitar 342 pulau yang ada, terdapat beberapa di antaranya yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau-pulau tersebut adalah:

  1. Pulau Ayer

Keindahan Pulau Ayer sudah dikenal sangat lama, tepatnya sejak tahun 1950. Keindahannya, membuat Presiden Soekarno kerap menghabiskan waktu liburan ke tempat ini. Bahkan, beliau juga mengajak koleganya, seperti Presiden Tito dari Yugoslavia serta mantan Sekjen PBB U Nu untuk menikmati keindahan pulau ini.

Ada satu hal unik yang bisa kamu temukan di sini. Keunikan tersebut adalah cottage dengan desain terapung. Selama di Pulau Ayer, kamu juga bisa mencoba beragam aktivitas, termasuk di antaranya adalah banana boat, memancing, ataupun jet ski. Menariknya lagi, pulau ini hanya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Marina Ancol.

  1. Pulau Pramuka

Pada masa Orde Lama, Pulau Pramuka dikenal dengan nama Pulau Elang dan menjadi habitat dari elang bondol. Hanya saja, keberadaan elang bondol tak lagi bisa dijumpai di pulau ini. Sebagai gantinya, terdapat area penangkaran penyu sisik yang bisa kamu temukan di sini.

  1. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari jadi destinasi berikutnya selama kamu berada di Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki lokasi yang sangat berdekatan dengan Pulau Kelor, Pulau Onrust, serta Pulau Kahyangan. Selama di Pulau Bidadari, kamu bisa mendapati keberadaan bangunan kuno peninggalan Belanda. Selain itu, di sini juga terdapat rusa jinak yang dapat kamu ajak bermain-main.

  1. Pulau Harapan

Berbeda dengan 3 pulau sebelumnya, Pulau Harapan merupakan destinasi wisata terbaru yang ada di Kepulauan Seribu. Peresmian Pulau Harapan sebagai tujuan wisata, dilakukan pada tahun 2012. Oleh karena itu, kamu pun bisa menemukan suasana pulau yang lebih alami selama di sini. Satu hal yang menari, Pulau Harapan dikenal sebagai pulau dengan snorkeling spot yang indah di Kepulauan Seribu.

  1. Pulau Kahyangan

Pulau Kahyangan, juga disebut dengan nama Pulau Cipir terkenal sebagai pulau dengan pasir pantai yang cantik. Kamu juga bisa mendapati reruntuhan bangunan kuno peninggalan Belanda di pulau ini. Bangunan tersebut merupakan bangunan yang dulunya digunakan untuk kamar para jemaah haji.

  1. Pulau Onrust

Pulau Onrust lokasinya dekat dengan Pulau Kahyangan. Seperti halnya Pulau Kahyangan, di sini kamu juga bisa menemukan peninggalan kuno milik Belanda. Apalagi, Onrust merupakan pulau bersejarah yang menjadi pintu masuk utama pasukan Belanda sebelum menjejakkan kaki ke Jakarta.

  1. Pulau Tidung

Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil jadi destinasi liburan romantis kamu selama berada di Kepulauan Seribu. Pulau ini terkenal memiliki perairan yang tenang dengan terumbu karang cantik yang mengitarinya. Oleh karena itu, kamu bisa puas mencoba aktivitas berenang dan snorkeling selama berada di sini.

Selain itu, di sini kamu juga bisa menemukan keberadaan jembatan yang disebut Jembatan Cinta. Jembatan ini oleh masyarakat setempat dibangun untuk menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Tidung Kecil. Di area sekitar jembatan, terdapat cekungan laut yang agak dalam, yang menjadi tempat meloncat favorit anak-anak setempat.

Pilihan Transportasi Menuju Kepulauan Seribu

Untuk aktivitas liburan ke Kepulauan Seribu, kamu tak perlu khawatir. Ada pilihan transportasi yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan bujet. Ada 3 lokasi keberangkatan menuju wilayah Kepulauan Seribu yang bisa kamu jumpai di Jakarta, yakni:

  • Pelabuhan Sunda Kelapa

Di Pelabuhan Sunda Kelapa, kamu bisa menemukan sarana transportasi kapal milik Pelni yang bisa mengantarmu ke wilayah Kepulauan Seribu. KM Sabuk Nusantara 66 jadi kapal yang bakal mengantaru ke Kepulauan Seribu, berangkat setiap pukul 08.00 dan kembali pukul 16.00.

  • Pelabuhan Kaliadem Muara Angke

Pilihan berikutnya adalah dengan menuju ke Pasar Ikan Muara Angke. Di sini, kamu dapat menjumpai kapal tradisional yang menyediakan layanan penyeberangan ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

  • Marina Ancol

Pilihan terakhir, kamu bisa naik kapal cepat yang dapat dijumpai di Marina Ancol. Dengan kapal cepat, perjalanan ke Kepulauan Seribu bisa jauh lebih singkat. Hanya saja, biaya yang perlu dikeluarkan juga lebih besar.

Sudah tak sabar ingin segera liburan ke Kepulauan Seribu, kan? Yuk, rencanakan mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter