Taman Kota Kalijodo di Jakarta
Destinations

“Long Weekend”di Jakarta? Inilah 5 Taman Kota untuk Bersantai

   Long Weekend merupakan saat-saat paling ditunggu oleh warga Ibukota seperti Jakarta. Betapa tidak?! Liburan menjadi salah satu hiburan paling asyik dan menyenangkan bagi warga yang kesehariannya selalu bergelut dengan beratnya beban kerja dan kehidupan. Oleh karena itu, adanya tempat-tempat liburan gratis sekaligus menyenangkan tentu menjadi oasis yang ditunggu-tunggu bagi warga kota metropolitan seperti Jakarta. Salah satu contoh tempat liburan gratis yang menyenangkan tersebut adalah taman kota. Apa sajakah taman-taman kota di Jakarta yang mampu menjadi recommended place untuk dikunjungi setiap akhir pekan dan libur nasional? Berikut penjelasannya di bawah ini!

  1. Taman Pedongkelan: Salah Satu Pilihan Terbaik untuk Melepas Penat

Taman Kota Padongkelan di Jakarta

Berlokasi di Jalan Pedongkelan No. 2. Cengkareng, Jakarta Barat, taman ini termasuk taman yang sering dikunjungi dan dipadati oleh warga ibukota setiap sorenya. Letak taman ini sangatlah strategis karena selain bisa menikmati angin semilir yang sejuk, pengunjung juga bisa terhibur dengan melihat aliran sungai yang mengalir di pinggir taman. Selain itu, fasilitas gratis yang tersedia juga membuat warga ibukota betah berlama-lama disini. Fasilitas-fasilitas tersebut sama halnya dengan yang ada di taman-taman lain yakni taman bermain untuk anak-anak, outdoor gym bagi Anda yang suka dengan olahraga, hingga tempat duduk yang memadai.

Bila Anda ingin berkunjung ke taman Pedongkelan, Anda dapat mencoba transportasi umum selain kendaraan pribadi seperti Trans Jakarta dengan rute Harmoni – Kalideres. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di saat pagi hari ketika udara Jakarta masih segar untuk dihirup dan dinikmati.

 

  1. Taman Waduk Pluit bergaya Modern Minimalis

 

 

Long weekend di Taman Kota WADUK PLUIT

Seperti namanya, Taman ini memiliki kekhasan tersendiri dibanding taman lain karena pengunjung dapat melihat secara langsung pemandangan waduk Pluit yang sudah direvitalisasi. Lokasinya yang berada tepat di tepi waduk membuat taman ini dinamakan sebagai Taman Waduk Pluit. Namun, ternyata tak hanya waduk Pluit yang bisa Anda lihat. Anda juga dapat melepas lelah dengan bersantai ria sambil melihat pemandangan gedung-gedung bertingkat khas ibukota dari kejauhan. Singkat kata, taman ini benar-benar mewakili konsep modern minimalis yang akrab dengan alam.

Baca Juga: ( Warunk Upnormal di Jakarta dengan Konsep Kekinian)

Terletak di Jalan Inspeksi Nomor 281, Rw. 4, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara dan mulai diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2013, taman Waduk Pluit memiliki banyak fasilitas yang tentu saja gratis untuk dinikmati. Apa saja sih fasilitasnya? Sebut saja amphitheater, lapangan basket, outdoor gym, lintasan jogging hingga taman bermain untuk anak-anak. Selain itu bagi Anda yang suka berwisata kuliner makanan khas Jakarta seperti kerak telor, maka Anda juga bisa menemukannya di taman Waduk Pluit. Bagi Anda yang membawa keluarga terutama anak-anak, di taman ini juga menyediakan penyewaan permainan untuk si kecil. Sebut saja becak kecil, balon seluncur, hingga mini bom-bom car yang dapat dinikmati hanya dengan membayar 15.000 rupiah dalam waktu 30 menit. Untuk sampai ke sini, selain memakai kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta. Anda dapat turun di Halte Pluit dan berjalan sejauh 500 meter ke arah timur hingga sampai di Taman Waduk Pluit.

Bagaimana? Tertarik untuk berakhir pekan di sini?

 

  1. Rindangnya Taman Spathodea untuk Liburan Akhir Pekan

Taman Kota spathodea

Rindang dan nyaman!

Dua kata itu merupakan definisi singkat untuk taman yang diberi nama sesuai dengan nama pohon yang paling banyak tumbuh di sini: Spathodea. Spathodea sendiri merupakan nama pohon yang berasal dari benua Afrika, lho. Terletak di Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Anda dapat menghabiskan waktu seharian di taman seluas dua hektar ini mulai pukul 05.00 pagi hingga 18.00 sore.

Ada banyak fasilitas gratis yang bisa Anda gunakan di taman yang memiliki ciri khas berundak-undak ini. Sebut saja diantaranya adalah outdoor gym, ayunan, jogging track hingga taman bermain untuk anak-anak. Bila Anda datang sekitar pukul 05.00 pagi, maka Anda bisa berolahraga jogging di lintasan jogging yang tersedia. Ada juga danau kecil di tengah taman ini lengkap dengan jembatannya yang unik. Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis ikan di danau tersebut yakni ikan patin, mas, gabus, mujair, hingga gurame. Selain itu, untuk melengkapi fasilitas taman agar dapat menjadi area liburan yang nyaman bagi semua warga maka pemerintah juga menambah tempat parkir serta toilet umum di sini.

Bagi Anda yang berangkat dari tempat yang cukup jauh maka selain kendaraan pribadi, Anda juga dapat mencoba angkutan umum tipe Mikrolet M17 rute Pasar Minggu – Lenteng Agung atau sebaliknya.

 

  1. Wisata ala Jepang di Taman Tabebuya

 

Taman Kota Tabebuya di Jakarta

Apakah Anda tidak menyadari mengapa taman ini dinamakan Tabebuya? Jikalau Anda mengira bahwa “tabebuya” berasal dari bahasa Jepang, maka tebakan Anda telah salah. Yang membuat taman yang terletak di Jalan Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini menjadi bernama Tabebuya adalah pohon Tabebuya yang ditanam di sana. Pohon dari Brasil inilah yang menghasilkan bunga-bunga cantik berwarna merah muda seperti yang telah disebutkan di atas. Maka tak salah jikalau banyak orang yang datang di akhir pekan hanya untuk melihat bunga tabebuya mekar dengan indahnya.

Oleh karena itu, jika ingin melihat pemandangan kolam yang penuh dengan teratai dan bunga-bunga berwarna merah muda seperti sakura layaknya kolam di taman-taman di Jepang, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan liburan ke Taman Tabebuya.

Baca Juga: ( Cara Naik KRL(Kereta Api) dari Jakarta ke Bandung )

Saking cantiknya, taman ini kerap kali didapuk sebagai tempat untuk syuting film, hingga foto pra-wedding, lho! Nah bila Anda dan pasangan akan menikah dan ingin foto pra-wedding yang murah atau tidak ber-budget besar maka bisa banget nih datang ke taman ini. Selain teratai dan bunga-bunga cantik berwarna merah muda, kolam di taman ini juga menjadi tempat tinggal bagi banyak ikan seperti ikan patin, ikan mas dan ikan gabus.

Tak hanya pemandangan dan tempat swafoto yang instagrammable, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan pun tidak kalah dengan taman-taman lain. Ada jogging track bagi Anda yang suka berolahraga jogging, tempat permainan bulu tangkis, serta yoga. Tak hanya itu, ada juga perpustakaan mini serta tempat beristirahat seperti gazebo bagi warga ibukota yang datang.

Oleh karena itu daripada harus berlibur yang itu-itu saja yakni dengan menghabiskan uang ke mall setiap akhir pekan, lebih baik datang ke Taman Tabebuya. Lumayan bukan menghirup udara segar sekaligus menyegarkan pikiran di tengah bunga-bunga tabebuya yang indah?! Postingan instagram Anda pun akan terlihat berbeda karena dipenuhi dengan liburan ala Jepang yang mempesona.

 

  1. Wisata Lintas Generasi di Taman Kalijodo

Taman Kota Kalijodo di Jakarta

Memiliki luas sekitar 1,4 hektar, Taman Kalijodo dapat menjadi salah satu ruang terbuka hijau alternatif bagi warga Jakarta untuk membebaskan diri dari segala kepenatan yang ada. Dengan biaya tanpa pungutan alias gratis, Anda dan keluarga sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada. Sebut saja playground untuk anak-anak, outdoor gym, lintasan jogging bagi Anda yang suka jogging, lintasan sepeda bagi yang gemar bersepeda, Amphiteatre, hingga bmx track dan skate park yang bertipe flat land untuk para penggemar skateboard.

Tak hanya itu, ada juga wahana-wahana permainan menarik bagi anak-anak seperti ayunan, papan luncur hingga papan jungkat-jungkit. Ada juga permainan anak-anak yang disewa seeperti skuter mini, becak, motor, dan mobil mini hingga kuda serta sepeda tandem. Harga sewa-nya sangatlah bervariasi dan juga sangat terjangkau mulai dari 15 ribu hingga 20 ribu dalam jangka waktu tertentu.

Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner pun, taman Kalijodo juga menjadi tempat yang tepat baik siang hari maupun malam hari.  Selain itu, bagi Anda yang suka berfoto ria, maka harus mencoba ber-swafoto dilatarbelakangi oleh sebuah tembok besar penuh grafiti yang sangat instagrammable.

Baca Juga: ( 6 Pesona Pantai Indah Kapuk di Jakarta yang harus anda Kunjungi! )

Menariknya lagi, setiap pekan dan libur nasional tiba maka bersiaplah untuk menyisihkan uang jajan Anda karena akan ada bazar-bazar di sana. Berbagai macam stan bisa Anda kunjungi, misalnya saja stan-stan pakaian, makanan serta minuman. Tak perlu ragu untuk menghabiskan sepanjang hari Anda selama akhir pekan di sana, karena kebutuhan tempat ibadah seperti mushola pun sudah tersedia di Taman Kalijodo. Anda pun tidak perlu bersusah-susah lagi untuk mencari masjid dan mushola terdekat. Begitu pula dengan fasilitas toilet dan sejenisnya.

Terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Taman yang semula merupakan salah satu lokasi prostitusi serta perjudian terbesar di Jakarta ini dapat dijangkau dengan mudah. Anda dapat mengakses-nya dengan menggunakan transportasi umum, misalnya saja Trans Jakarta yang turun di Halte Jembatan Dua. Selain itu, bagi Anda yang suka dengan angkutan kereta api, maka naik KRL atau Kereta Api Listrik yang turun di Stasiun Grogol pun bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang jitu.

Ada juga bus wisata gratis seperti Jakarta Explorer yang mulai beroperasi pada pukul 11 siang hingga 19.00 malam setiap weekdays. Untuk weekend sendiri, Jakarta Explorer mulai beroperasi dari pukul 12.00 siang hingga 19.00 malam dengan rute yang sama setiap harinya yakni dari Sejarah Jakarta, Jakarta Baru, Kesenian dan Kuliner serta Pencakar Langit Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/destinations/taman-kota-jakarta">
Twitter