cara memberantas kemiskinan di jakarta
Ketahuilah

Beberapa Cara Memberantas atau Menekan Angka Kemiskinan di Jakarta

Sebagai pusat dari segala aktivitas, rasanya wajar jika hingga kini Jakarta masih menyandang predikat sebagai provinsi terpadat di Indonesia. Tiga kotanya, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan berada di posisi 3 besar sebagai kota dengan penduduk paling padat di Indonesia. Dengan sekian banyak penduduk, tugas pemerintah daerah pun semakin bertambah: bagaimana caranya memberantas kemiskinan di Jakarta yang sudah melekat sekian lama?

cara memberantas kemiskinan di jakarta

Setiap kali pergantian gubernur, kita selalu mendengarkan ide-ide baru tentang apa yang akan mereka lakukan untuk memberantas kemiskinan di Jakarta semasa pemerintahan mereka. Meski begitu menurut laporan, angka kemiskinan di ibu kota masih cenderung stagnan hingga saat ini. Lantas apa kira-kira langkah yang bisa dilakukan untuk menekan kemiskinan ini?

  • Membuat Program Pemberdayaan

Seperti yang kita ketahui, selama ini bantuan yang diberikan pemerintah untuk masyarakat miskin hanya bersifat bantuan materil saja. Meskipun tujuannya bagus, namun ada kecenderungan masyarakat mengalami ketergantungan pada bantuan-bantuan tersebut. Padahal seperti kata pepatah, “Lebih baik memberi kail daripada memberi ikan.”

Alih-alih hanya memberikan bantuan langsung, ada kelompok masyarakat yang bisa diberdayakan. Penduduk usia produktif misalnya, bisa diberi pelatihan-pelatihan yang bisa dijadikan bekal mencari nafkah. Keberadaan berbagai jenis Lembaga Pelatihan Kerja semacam ini akan sangat membantu dalam meningkatkan sumber daya manusia di ibu kota.

  • Memberikan Kesempatan pada Pengusaha Kecil

Salah satu problem yang sering dihadapi para pengusaha, terutama yang bermodal kecil adalah tingginya tingkat persaingan di ibu kota. Dengan target pasar yang sama, mereka dituntut untuk bersaing dengan merek-merek besar, bahkan pengusaha dari luar yang jelas sudah menang secara modal. Karena terus tertekan, posisi pengusaha-pengusaha kelas bawah ini akhirnya tergerus dan hilang.

Baca juga : Warunk Upnormal : Cafe Mie Instan di Jakarta dengan Balutan Konsep Kekinian

Pemerintah Jakarta bisa mulai membuat program-program pendanaan untuk usaha kecil yang memiliki potensi. Alih-alih menekan mereka dengan berbagai peraturan dan memaksa mereka untuk gulung tikar (lewat penggusuran dan lain sebagainya), memberikan solusi melalui pemberian modal serta memudahkan urusan perizinan akan membantu mereka untuk tumbuh. Pengusaha-pengusaha kecil inilah yang nantinya akan menyerap banyak tenaga kerja dari kalangan masyarakat miskin.

  • Menstabilkan Harga Pangan

Salah satu yang menjadi penyebab semakin tingginya angka penduduk miskin di Jakarta adalah beban biaya hidup yang harus ditanggung. Bukan rahasia lagi jika ketidakstabilan harga pangan kadang bukan sekadar dipengaruhi oleh faktor stok. Ada dalang yang kadang bermain kotor seperti melakukan penimbunan dan lain sebagainya.

Hal semacam inilah yang perlu ditelusuri hingga ke dalam. Segala tindak kriminal yang bisa dimanfaatkan untuk memanipulasi harus ditindak tegas oleh pemerintah demi mempertahankan harga pangan agar tetap bisa dijangkau masyarakat miskin.

  • Perbaikan di Berbagai Sektor Infrastruktur

Jika ditanya, hal apa yang paling sering membuat warga Jakarta merasa stres, jawabannya ada dua: banjir dan macet. Kedua hal ini sampai sekarang masih menjadi problem pelik yang belum benar-benar terselesaikan. Melakukan perbaikan infrastruktur demi mengurangi tingkat stres adalah langkah mutlak yang harus dilakukan.

Dengan berkurangnya tingkat stres, masyarakat pun bisa berkonsentrasi pada urusan lain yang lebih penting seperti bekerja atau membuka lapangan pekerjaan. Dari sana, jumlah warga miskin bisa dikurangi sedikit demi sedikit.

Baca Juga : Melihat Simpang Susun Semanggi dari Kacamata Seorang Urban Planning

Saat ini, berbagai bantuan materil seperti Kartu Jakarta Sehat , Bantuan Langsung Tunai  (BLT), hingga Kartu Indonesia pintar sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan tentu diharapkan akan terus ada. Selain kerja keras pemerintah untuk memberantas kemiskinan di Jakarta, pola pikir masyarakat juga harus ikut diubah. Sebab, memberantas kemiskinan di Jakarta tidak hanya bisa dilakukan dari satu sisi saja. Manfaatkan semua skill yang ada. Jika tidak punya, warga bisa mengikuti kelas-kelas pelatihan yang sudah disediakan pemerintah untuk memperkaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *