manusia pendatang di jakarta
Ketahuilah

Jakarta, Ladang Karakter Beragam Manusia Pendatang

Kota Jakarta yang terbagi menjadi 5 wilayah, yakni Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat, boleh dibilang merupakan gambaran kecil negara Indonesia. Alasannya, karena di kota ini, kamu bisa menemukan berbagai karakter manusia dari berbagai suku yang ada di Indonesia, mulai dari orang Aceh sampai orang Papua. Semuanya bisa kamu temukan di Jakarta.

manusia pendatang di jakarta

Sejak dulu, Kota Jakarta selalu menjadi tempat para pendatang dalam mengadu nasib. Mereka pun datang secara berbondong-bondong memenuhi Kota Jakarta. Imbasnya, tak heran kalau Kota Jakarta jadi penuh sesak. Sebagai gambaran, Jakarta memiliki luas 661,5 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 10,37 juta. Belum lagi, setiap bulan ada sekitar 10 ribu pendatang baru di Jakarta.

Dengan kondisi seperti itu, tak heran kalau Kota Jakarta pun dikenal sebagai kota terpadat di Indonesia. Di waktu yang sama, kamu pun akan mendapati Jakarta sebagai ladang karakter manusia Indonesia.

Nah, berikut ini beberapa suku di Indonesia yang bakal banyak kamu temukan di Jakarta:

  1. Batak

Orang Batak dengan karakternya yang cukup keras bisa kamu temukan dengan begitu mudah di Jakarta. Apalagi, kamu bisa mendapati keberadaan area perkampungan yang mayoritas dihuni oleh orang-orang Batak. Kampung Mayasari di daerah Cililitan, Jakarta Timur menjadi wilayah yang begitu dominan dihuni oleh orang Batak.

Di balik sikap keras orang Batak, mereka juga dikenal sebagai pribadi yang mampu bekerja keras. Rasa setia kawan juga menjadi modal utama orang Batak dalam menjalin pertemanan. Selain itu, bagi mereka, ikatan keluarga merupakan hal utama yang tak boleh diacuhkan begitu saja.

  1. Jawa

Karkakter orang Jawa juga bisa kamu kenali dengan cukup mudah selama di Jakarta. Orang Jawa terkenal dengan sifatnya yang mudah menerima kondisi yang dihadapi. Mereka pun dikenal sebagai pribadi yang siap berkorban demi keluarga. Sebagai buktinya, pendatang dari Jawa setiap bulannya menyisihkan uang untuk dikirim ke orang tua atau sanak keluarga di kampung halaman.

Selain itu, orang Jawa juga memiliki karakter yang mudah bergaul. Hal ini berkaitan erat dengan sikap orang Jawa yang mampu berbicara sopan kepada siapapun. Apalagi, orang Jawa punya kebiasaan untuk menghindari konflik dengan pihak lain. Alih-alih memunculkan konflik, orang Jawa cenderung untuk mengambil sikap mengalah.

  1. Sunda

Kalau kamu ingin memiliki teman bicara yang sopan sekaligus punya rasa humor tinggi, orang Sunda adalah jawabannya. Mereka punya kebiasaan untuk berbicara dengan cara yang begitu sopan. Sebagai buktinya, kamu bisa mendapati cara bicara orang Sunda yang jauh dari kesan kasar, baik ketika berbicara bahasa Sunda ataupun bahasa lain. Apalagi, mereka juga punya logat khas.

Dalam kesehariannya, orang Sunda memperlihatkan sikap yang santai. Bahkan, ketika menghadapi masalah yang pelik sekalipun. Meski begitu, bukan berarti orang Sunda adalah orang yang malas. Mereka terkenal dengan pola pikirnya yang unik dan kreatif.

  1. Ambon

Karakter orang Ambon juga bisa begitu mudah kamu jumpai di Kota Jakarta. Apalagi, dari segi penampilan, orang Ambon punya ciri khas dengan kulit dan senyuman yang manis. Kebiasaan murah senyum ini pun agak kontras dengan cara berbicara orang Ambon yang terbiasa melontarkan kata-kata dengan suara keras. Hanya saja, perlu kamu ketahui, meski cara bicara mereka keras, orang Ambon bukanlah orang yang mudah marah.

Orang Ambon juga dikenal sebagai pribadi dengan rasa kasih sayang yang begitu mendalam kepada keluarga, kerabat, ataupun teman. Mereka pun rela melakukan berbagai cara untuk membantu teman atau keluarganya yang mengalami kesusahan. Di waktu yang sama, orang Ambon juga dikenal sebagai pribadi yang berani. Oleh karena itu, ketika berteman dengan orang Ambon, kamu akan merasa begitu dilindungi. Di waktu yang sama, orang Ambon terkenal dengan sifatnya yang humoris.

  1. Padang

Terakhir, kamu bakal menjumpai keberadaan orang Padang di berbagai pelosok Kota Jakarta. Apalagi, orang Padang merupakan karakter orang yang tak memiliki rasa takut dalam mendobrak zona nyaman. Sikap ini membuat mereka sebagai pribadi yang punya pemikiran inovatif. Di waktu yang sama, hal tersebut juga membuat mereka tidak merasa takut dalam menghadapi risiko atas keputusan yang telah diambil.

Sikap berani menghadapi risiko yang dimiliki oleh orang Padang bukan tanpa modal. Umumnya, orang Padang punya kemampuan berdagang yang begitu lihai. Sebagai buktinya, kamu bisa mendapati ribuan gerai yang menawarkan produk fashion di Tanah Abang merupakan milik orang Padang. Bukti lainnya, kamu juga dapat menjumpai rumah makan yang secara khusus menyediakan makanan Padang.

Nah, itulah karakter 5 suku pendatang yang begitu mendominasi kehidupan di Jakarta. Para pendatang tersebut pun mampu menyelaraskan pola hidupnya sehingga menciptakan lingkungan yang harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter