titik macet di jakarta
Ketahuilah

Titik-Titik Rawan Macet di Kota Jakarta

Bukan rahasia umum bahwa selain banjir, keberadaan daerah rawan  macet di Jakarta masih menjadi masalah bagi warga maupun pemerintah. Dalam sebuah riset berjudul Inrix 2017 Traffic Sorecard yang dilakukan sepanjang 2017 yang dibuat oleh Inrix ditemukan fakta bahwa saat ini Jakarta berada di peringkat 12 dalam daftar kota-kota termacet di dunia. Ini bukanlah sebuah berita yang membanggakan pasalnya tahun 2016 lalu, Jakarta ada di posisi 22.

Sebagai kota dengan populasi yang besar, Jakarta memang masih belum mampu menyediakan layanan transportasi yang layak dan nyaman bagi penduduknya. Tak heran banyak yang memilih naik kendaraan pribadi karena dirasa lebih aman. Padahal inilah yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan daerah rawan macet di Jakarta tak kunjung berkurang. Selain itu, Jakarta masih belum memaksimalkan penggunaan sistem transportasi cerdas dengan teknologi terbaru.

titik macet di jakarta
sumber:metronews

Berdasarkan data yang dirangkum oleh insidejakarta.com, ada ratusan titik macet di Jakarta saat ini. Berikut jalan-jalan yang kerap macet setiap harinya di setiap wilayah di Jakarta!

  1. Jakarta Pusat

Beberapa ruas jalan yang kerap macet di kawasan Jakarta Pusat antara lain menuju Semanggi dari arah barat ke timur. Jalan Industri ke arah Kemayoran dan Jalan Rajawali ke arah Gunung Sahari juga terpantau sering macet. Lalu lintas dari Jalan Haji Ung Kemayoran menuju ke arah Jalan Suprapto juga sering terganggu karena angkutan umum yang sering ngetem.

  1. Jakarta Utara

Bagi Anda yang bermukim di Jakarta Utara, Anda pasti sudah paham jika kawasan Bintang Mas, Jembatan Goyang, Putaran Podomoro, kawasan dekat GT Cilincing, Pos Sembilan, TL Pertigaan Cilincing dan Jalan Yos Sudarso juga sering terhambat macet setiap harinya, terutama saat jam berangkat dan pulang kerja.

  1. Jakarta Barat

Untuk kawasan Jakarta Barat, jalan-jalan berikut ini harus Anda hindari terutama di jam-jam berangkat dan pulang kantor: Jalan Raya Joglo, Interchange Jalan Taman Alpha Indah, Jalan H. Syahdan, TL Palmerah Barat, Pasar Bunga Rawabelong, Cengkareng ke arah Kalideres, TL depan Indosat di Jalan Daan Mogot dan TL Slipi.

  1. Jakarta Selatan

Di antara semua kawasan di Jakarta, Jakarta Selatan merupakan daerah dengan titik kemacetan terbanyak. Jalan-jalan seperti Jalan Arteri Pondok Indah, Jalan Mampang Prapatan, Jalan Raya Pasar Minggu, Jalan Rasuna Said dan Hatonun misalnya, padat karena jalan yang sempit serta banyaknya kendaraan umum yang ngetem di kawasan ini.

Jalan-jalan lain yang harus Anda hindari jika tak ingin terjebak macet di Jakarta Selatan antara lain: Jalan RS Fatmawati, TL TB Simatupang depan Citos, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jalan Raya Kebayoran Lama, Jalan Ciledug Raya, Jalan Ciputat Raya, Jalan Buncit Raya ke arah Pancoran, Jalan MT Haryono, Jalan Padang, Jalan Casblanca, Jalan Margasatwa dan beberapa ruas jalan lainnya.

  1. Jakarta Timur

Untuk kawasan Jakarta Timur tercatat ada 6 ruas jalan yang memiliki tingkat kemacetan tertinggi yakni Jalan DI Panjaitan, Jalan Bekasi Timur Raya, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kol Sugiono, Jalan MT Haryono dan Jalan Duren Sawit.

Saking banyaknya daerah rawan macet di Jakarta, kemacetan seakan menjadi stereotip yang tak terpisahkan dari ibu kota. Berdasarkan waktu kemacetan yang dialami, pengendara bisa menghabiskan waktu hingga 63 jam hanya untuk menunggu kendaraan di depannya melaju.

Upaya mengurangi jumlah daerah rawan macet di Jakarta memang masih terus dilakukan pemerintah hingga saat ini. Salah satunya adalah dengan memperbaiki infrastruktur hingga menyediakan layanan kendaraan umum yang nyaman dan aman. Kebijakan-kebijakan ini diharapkan akan mendorong masyarakat untuk mulai memanfaatkan transportasi publik seperti busway atau kereta untuk mengurangi banyaknya kendaraan pribadi di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/ketahuilah/titik-titik-rawan-macet">
Twitter