naik krl dari jakarta ke bandung
Lifestyle

Cara Naik KRL (Kereta Api) dari Jakarta ke Bandung

KRL Commuter Line atau yang dulu dikenal dengan nama KRL Jabodetabek adalah layanan kereta rel listrik yang beroperasi di bawah anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia, yaitu PT Kereta Commuter Indonesia. KRL pertama kali beroperasi di wilayah Jakarta pada tahun 1925 dan saat ini melayani rute komuter di DKI Jakarta, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. KRL menjadi pilihan bagi banyak warga terutama kalangan pekerja dan mahasiswa untuk aktivitas harian mereka.

kereta api dari jakarta ke bandung
Logo PT. Kereta Commuter Indonesia

 

Perjalanan dari Jakarta Menuju Bandung

Ketika kebetulan sedang berkunjung ke Jakarta, Anda mungkin berpikir untuk sekalian jalan-jalan ke Bandung. Tahukah kamu kalau naik KRL dari Jakarta ke Bandung adalah pilihan transportasi dengan biaya termurah? Iya, hanya Rp 20.000,-  saja! Tetapi sebelum kesana mari kita lihat moda transportasi apa saja yang dapat kita gunakan kalau kita mau pergi ke Bandung dari Ibukota Jakarta.

Dengan jarak tempuh sejauh hampir 150 km (via Tol Pantura/Jl Tol Jakarta-Cikampek dan Jl. Tol Cipularang) butuh waktu 3 jam lebih untuk sampai ke Bandung. Dengan menggunakan kendaraan sendiri atau mobil pribadi.

Nah, Kalau anda tidak punya kendaraan pribadi, Bagaimana jika dengan moda transportasi umum dan berapa biayanya?

Kalau naik bus biayanya sekitar Rp 80.000,- untuk sampai ke bandung dari Jakarta.

Jika Anda memilih naik Kereta Api Serayu Jurusan Pasar Senen-Purwokerto, minimal Anda harus menyediakan uang Rp. 67.000. Dengan naik KA ini, Anda yang ingin ke Bandung bisa turun di Stasiun Cimahi atau Kiaracondong.

Bagi yang memiliki budget berlebih bisa memilih kereta dengan fasilitas yang cukup mumpuni dan nyaman yakni KA Argo Parahyangan. Tarifnya tentu saja lebih mahal, mulai dari Rp. 80.000 untuk kelas ekonomi hingga kelas eksekutif yang dikenai biaya Rp. 125.000.

Naik travel bisa jadi pilihan juga meski ongkosnya tergolong mahal (dengan menggunakan Daytrans rute Grogol-Cihampelas Anda akan dikenai biaya kurang lebih Rp. 125.000).

Naik KRL dari Jakarta ke Bandung

Naik KRL dari jakarta ke bandung

Meski tidak ada KRL yang langsung meluncur dari Jakarta menuju Bandung, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan opsi ini sebagai moda transportasi ke Kota Kembang. Untuk Anda yang berjiwa petualang sekaligus menginginkan perjalanan berbiaya murah, memanfaatkan rute alternatif ini adalah pilihan paling pas.

Bagaimana caranya? Anda tinggal naik KRL dari Jakarta ke Bandung dengan tujuan Stasiun Cikarang. Ada beberapa rute yang bisa Anda ambil sesuai dengan posisi Anda yakni:

Jakarta Kota-Bekasi via Pasar Senen, Jakarta Kota-Cikarang via Manggarai, Jakarta Kota-Bekasi via Pasar Senen dan Jakarta Kota-Cikarang via Pasar Senen. Dengan simulasi keberangkatan dari Palang Merah Anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000 saja.

Dari Stasiun Cikarang Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan KA Wahalar Express dengan tujuan Stasiun Cibatuan. Dengan kereta ini Anda akan diantarkan sampai ke Bandung tepatnya di Stasiun Cibatu. Tarif Kereta Api Wahalar Express adalah Rp. 6.000 sedangkan ke Stasiun Cibatuan adalah Rp. 8.000 saja. Jika ditotal, biaya perjalanan dengan memanfaatkan moda KRL ini hanya Rp. 19.000 saja! Sangat murah bukan jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya?

Sayangnya, harga yang murah ternyata harus ditebus dengan waktu perjalanan yang lumayan lama. Jika perjalanan dengan bus atau mobil hanya memakan waktu kurang dari 4 jam, jika menggunakan jalur alternatif dengan KRL, lama perjalanan bisa mencapai 7 jam lamanya!

Mau tahu lebih lengkap mengenai perjalanan KRL yang memakan biaya tidak sampai 20.000 ini? baca lebih lanjut di Tribunews.

Meski bukan pilihan terbaik untuk Anda yang tak punya banyak waktu, Anda yang berjiwa petualang bolehlah menjadikan rute ini sebagai pilihan. Selain murah, Anda bisa mencicipi berbagai macam jenis kereta mulai dari KRL hingga kereta rute lainnya. Ini sangat berguna ketika kelak Anda harus menempuh perjalanan dengan kereta yang sama.

One Comment

  • ClydeJuicy

    I often visit your page and have noticed that you don’t update it often. More
    frequent updates will give your site higher rank & authority in google.
    I know that writing articles takes a lot of time, but you can always help yourself with miftolo’s tools which will shorten the time of creating an article to a couple of seconds.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/lifestyle/cara-naik-krl-kereta-api-dari-jakarta-ke-bandung">
Twitter