tempat jogging di jakarta
Lifestyle

7 Tempat Jogging di Jakarta Ini Bisa Membuat Anda Rajin Olahraga

Hari gini masih malas olahraga? Padahal, banyak alternatif olahraga yang mudah, murah, dan menyenangkan. Jogging salah satunya. Sejatinya, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja.

Walaupun demikian, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang sering digunakan untuk jogging. Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk bertemu orang lain yang tengah melakukan jogging. Jogging pun jadi makin semangat kan? Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, beberapa tempat jogging di Jakarta ini sangat layak untuk dikunjungi.

 

1. Taman Jogging Summarecon, Kelapa Gading

Taman Jogging Summarecon Kelapa Gading

Namanya saja Taman Jogging, sudah tentu cocok dipilih untuk jogging. Taman ini terbagi menjadi dua bagian dan berlokasi di area Jakarta Utara, tepatnya di Jalan Boulevard dan Jalan Boulevard Timur. Di taman kota yang rindang ini, disediakan lintasan jogging sepanjang 497 meter. Selanjutnya, Anda tidak perlu khawatir kepanasan ketika jogging. Pasalnya, ratusan variasi pohon tropis tumbuh di taman ini dan memberikan kesejukan di tengah panasnya kota Jakarta. Lalu, setelah jogging, Anda bisa berjalan bertelanjang kaki di atas lintasan berbatu untuk melakukan refleksi atau terapi kaki. Sebagai taman kota, taman ini juga cocok digunakan untuk rekreasi keluarga. Anak-anak akan bersenang-senang dengan berbagai permainan yang tersedia di taman ini.

2. Tribeka Park, Central Park

jogging di tribeca park

Anda yang tinggal di area Jakarta Barat pasti mengenal Central Park sebagai pusat perbelanjaan. Serunya, di sini juga ada taman asri yang bisa Anda pilih sebagai tempat jogging di Jakarta. Sekadar berjalan-jalan di taman ini pun tidak masalah. Itulah Tribeka Park yang menjadi salah satu ikon andalan Central Park. Lintasan di dalam Tribeka Park yang lurus dan datar sangat cocok digunakan untuk jogging. Seusai jogging, Anda bisa sekalian cuci mata ke mall atau sekadar melihat ikan-ikan yang tumbuh sehat di kolam Tribeka Park.

3. Monas

jogging di monas

Meski terkesan gersang dan panas, Monumen Nasional alias Monas bisa jadi tempat yang sangat cocok untuk jogging. Bagaimana tidak, pelataran Monas begitu luas dan datar. Agar tidak kepanasan, Anda bisa datang ke Monas sebelum jam 06.00. Di waktu sepagi itu, udara di kawasan Monas masih relatif segar dan tidak panas. Selain itu, para wisatawan pun belum mulai berdatangan.

4. Kawasan Gelora Bung Karno

tempat jogging gelora bung karno

Siapa sih yang nggak tahu Gelora Bung Karno? Stadion yang terletak di wilayah Senayan ini juga enak banget dipakai buat jogging. Anda bisa jogging mengelilingi area stadion maupun pelataran luas di depannya. Di pagi akhir pekan, saat diberlakukan aturan Car Free Day (CFD), jalan raya di depan Gelora Bung Karno pun juga nyaman digunakan untuk jogging atau olahraga lainnya.

5. Taman Tebet

tempat jogging taman tebet

Taman Tebet memang sangat pas digunakan untuk ngadem di tengah kepadatan kota Jakarta Selatan. Anda tidak hanya akan menemukan pohon-pohon yang sangat rindang, tetapi juga anak sungai yang mengalir dari Pasar Minggu ke Manggarai. Selain lintasan jogging, terdapat juga lapangan bulu tangkis di Taman Tebet. Jadi, akan sangat asyik mengajak kawan atau keluarga berolahraga di Taman Tebet. Jika bosan melakukan jogging, Anda bisa bermain bulu tangkis melawan rekan olahraga Anda. Keasrian Taman Tebet bisa saja membawanya menjadi tempat jogging di Jakarta yang paling nyaman.

6. Banjir Kanal Timur

tempat jogging banjir kanal timur

Siapa bilang jogging asyik cuma bisa dilakukan di taman? Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta Timur, Banjir Kanal Timur bisa menjadi alternatif tempat yang menarik untuk melakukan jogging santai. Lintasan jogging yang nyaman dan lintasan sepeda tampak tersedia di sisi kanal. Daerah tepi kanal ini telah disulap menjadi tempat yang nyaman untuk berolahraga, rekreasi keluarga, atau sekadar jajan. Anak-anak pun dapat bergembira di area permainan Banjir Kanal Timur.

7. Taman Suropati

tempat jogging taman suropati

Taman Suropati merupakan salah satu ruang hijau yang paling populer di Jakarta. Pepohonan yang rindang membuat area Taman Suropati begitu sejuk dan bisa dijadikan tempat jogging di Jakarta. Suasana Taman Suropati yang adem akan membuat jogging terasa menyenangkan. Ditemani kemegahan monumen-monumen di taman ini, jogging jadi lebih bersemangat. Meskipun terletak di wilayah elit Jakarta, Taman Suropati relatif banyak memperoleh pengunjung. Pasalnya, suasana taman yang nyaman bukan hanya cocok digunakan untuk berolahraga, tetapi juga untuk menenangkan pikiran dan mengerjakan tugas kantor.

***

Ternyata, di tengah padat dan ramainya kota Jakarta, masih terdapat ruang-ruang hijau yang meneduhkan dan bisa bebas dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain ketujuh tempat di atas, masih banyak lagi tempat jogging di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Namun, sebagai permulaan, sudahkah Anda menjajal ketujuh tempat di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/lifestyle/tempat-jogging-di-jakarta">
Twitter