Tempat Nongkrong di jakarta block M
Destinations,  Lifestyle

Ini Dia Tempat Nongkrong di Jakarta anak gaul Zaman Old ngumpul sebelum banyak Mall

Pondok Indah Mall. Plaza Senayan. Grand Indonesia. Gandaria City. Atau Pacific Place. Itulah nama-nama sebagian mall terkenal dan paling banyak dikunjungi di Jakarta. Pernahkah Anda berpikir bahwa anak-anak gaul zaman now terlalu banyak disodori hiburan? Hitung saja berapa jumlah keseluruhan mall di Jakarta selain yang disebutkan di atas. Belum lagi bioskop, kafe-kafe modern hingga klub-klub malam. Lalu bagaimana dengan orang-orang tua kita zaman dahulu? Apakah mereka mengenal kata “mall” misalnya sebagai tempat nongkrong wajib sepulang sekolah, kampus atau kantor? Atau malah mereka punya tempat-tempat hiburan tersendiri yang lebih berbobot dibandingkan generasi “gadget” masa kini?

Nah, untuk mengetahui apa saja tempat di Jakarta yang kerap dijadikan tempat nongkrong anak gaul zaman old, simak saja penjelasan artikel di bawah ini! Dijamin Anda akan tercengang, ternyata ada yah tempat-tempat itu dulunya di Jakarta. Siapa tahu anda bisa merasakan euphoria nostalgia ala zaman dahulu kala.

  1. Kawasan Blok M: Tempat Favorit Semua Kalangan

 

Tempat Nongkrong di jakarta block M
Gambar 1. Tempat Nongkrong di Jakarta Blok M

Ingat Asian Games yang akan segera berlangsung di Indonesia bulan Agustus mendatang? Sebagai informasi, ternyata Asian Games juga pernah diselenggarakan di Indonesia sebelumnya, lho! Lebih tepatnya pada tahun 1962, Asian Games yang menjadi Pesta Olahraga Terbesar di Asia tersebut berpusat di Senayan, yang aksesnya dekat dengan Blok M. Sejak itulah, kawasan ini menjadi lebih terkenal dibandingkan sebelumnya. Setiap hari blok M menjadi pilihan tempat nongkrong yang tepat bagi anak gaul zaman ’80 hingga ’90-an. Selain karena tempatnya yang dekat dengan Senayan sebagai pusat keramaian, kawasan ini juga mirip dengan daerah Menteng yang dibangun dengan konsep pemukiman banyak taman. Oleh karena itu, kawasan ini tentu saja menjadi favorit untuk menghabiskan waktu terutama akhir pekan bagi anak-anak muda, apalagi saat itu masih jarang ada media hiburan seperti televisi dan bioskop.

tempat nongrong di jakarta : Nonton Film di Blok M Square
Gambar 2. Nonton Film di Blok M Square

Sebagai informasi, saking terkenalnya kawasan ini pada masa itu, banyak film jadul mengambil tempat produksi di tempat itu. Ditambah dengan berbagai komunitas sering nongkrong dan bercengkerama, blok M menjelma menjadi kawasan “wajib” kawula muda masa itu.

Komunitas-komunitas tersebut seperti break dance, sepatu roda, bowling hingga musik. Mereka berkumpul bersama, berbelanja hingga menyalurkan hobi di Blok M. Intinya, kawasan ini merupakan sebuah tempat di Ibukota yang menggambarkan dengan tepat bagaimana potret social remaja Jakarta kala 1980 – 1990’an.

Baca Juga: ( 5 Martabak Manis yang sedang Hits di Jakarta )

Kawasan Blok M juga menjadi tempat dibangunnya Aldiron Plaza yakni tempat nongkrong modern-nya anak muda zaman itu. Sekarang, plaza tersebut sudah diganti dengan pembangunan Blok M Square.

  1. Tempat Nongkrong Paling Beken di Cikini
tempat nongkrong di jakarta
Gambar 3. Suasana Jalan yang tenang nan asri di kawasan Cikini

Penamaan Cikini sebenarnya sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Ejaan yang ditulis oleh Hindia Belanda saat itu adalah “Tjikini”. Setelah Belanda pergi, kata tersebut pun berganti menjadi “Cikini”.

Termasuk ke dalam kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Cikini menjadi penyokong ekonomi utama daerah Menteng. Banyak aktivitas dilakukan di sini, mulai dari pertunjukan seni, tempat menonton film, hingga diskusi politik dan olahraga. Tak heran jikalau saat itu sebagian besar anak gaul Jakarta zaman old suka nongkrong di tempat ini. Hal itu didukung dengan banyaknya pedagang kaki lima berjualan hingga convenience store zaman itu berada di sepanjang jalan Cikini. Bahkan, tempat ini termasuk tempat yang awet karena bahkan sebelum tahun 1960-an, yakni sebelum Asian Games berlangsung, Cikini sudah menjadi tempat favorit untuk nongkrong, lho!

tempat nongkrong di jakarta
Gambar 4. Keseruan Bermain dengan Gajah di Kebun Binatang Ragunan

Saat itu, Cikini menjadi tempat didirikannya kebun binatang Jakarta yang kini berganti nama dan pindah ke kawasan Ragunan. Bahkan kawasan Cikini lebih modern dibandingkan Blok M. Buktinya, saat itu kawasan Cikini dipenuhi dengan toko roti, kafe hingga bioskop. Tak hanya itu, sejak zaman colonial Belanda pun, Cikini sudah menjadi destinasi wisata terkenal di Jakarta, lho. Betapa tidak?! Pemerintah Belanda saat itu membangun beberapa lapangan olahraga hingga kolam renang di kawasan ini. Apalagi ditambah dengan keberadaan kebun binatang serta taman di sini. Beuh! Dibayangkan saja pastilah tidak percaya, bukan?

Tapi hal itu memang benar adanya sesuai dengan kenyataan. Namun sekarang kebun binatang Cikini sendiri sudah diganti dengan Taman Ismail Marzuki. Kafe dan toko-toko roti zaman itu sudah tak ada kecuali beberapa yang masih bertahan, misalnya saja Gado-gado Bon Bin serta Toko Roti Tan Ek Tjoan yang terkenal itu.

tempat nongkrong di jakarta
Gambar 5. Kuliner Sejarah Gado – gado Bon Bin di kawasan Cikini

Jadi jikalau ingin nostalgia tempat-tempat nongkrong zaman old di Jakarta, cobalah datang ke kawasan Cikini dan menyusuri tempat-tempat yang masih bertahan seperti yang diterangkan di atas. Misalnya saja restoran “Gado-gado Bon Bin” yang sudah didirikan sejak tahun 1960 di Jalan Kebon Binatang 3. Suasana nostalgia pasti akan langsung terasa jikalau Anda adalah anak gaul Jakarta zaman dulu yang sering nongkrong di Cikini. Menu favorit yang disajikan tentu saja adalah gado-gado yang kualitas rasanya tidak berbeda hingga sekarang. Selain itu, jikalau ingin mencoba mengingat lagi rasa roti Tak Ek Tjoan, maka datanglah ke toko-nya yang masih berdiri hingga sekarang ini.

Toko roti buatan Tak Ek Tjoan ini sudah memiliki banyak cabang di luar Cikini yakni di Ciputat, Cinerem, Bekasi, Rawamangun hingga Tangerang. Keunikan rasanya yang enak dan tanpa bahan pengawet membuat Anda akan dapat menikmati roti khas merk legendaris yang juga menjadi favorit anak-anak gaul zaman old Jakarta dahulu.

Baca Juga: ( Bakmi GM – Salah satu Favorit dan Melegenda di Jakarta )

Tak hanya toko roti dan restoran gado-gado, Anda juga bisa mencoba masuk ke bioskop Metropole, bioskop yang masih bertahan hingga kini. Anda bisa bernostalgia sambil menonton film jikalau berkunjung ke sini bersama keluarga dan para sahabat seperjuangan dulu.

tempat nongkrong di jakarta
Gambar 6. Kawasan Planetarium di Taman Ismail Marzuki

Selain itu, menariknya lagi ada sebuah Planetarium di Taman Ismail Marzuki yang sudah didirikan sejak tahun 1964 oleh Presiden Soekarno. Sarana wisata edukasi ini menyajikan beragam pertunjukan dan simulasi benda-benda langit di jagat raya. Meski telah tua, Planetarium ini memiliki ruang pameran, serta keterangan lengkap tentang benda-benda langit seperti galaksi, planet dan pembentukannya. Jadi, sebenarnya tempat nongkrong anak zaman old lebih berbobot dan bervariasi bukan dibandingkan sekarang yang masih saja berkutat dari mall ke mall.

Tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat tersebut di atas entah itu untuk nostalgia atau mengenal lebih dekat?

Let’s go!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/lifestyle/tempat-nongkrong-di-jakarta">
Twitter