solusi permerintah untuk kemacetan
News

Solusi Pemerintah untuk Mengurangi Kemacetan di Jakarta

Berdasarkan survei yang dilakukan Inrix tahun 2017 lalu, Jakarta berada di posisi 12 dari daftar kota paling macet di dunia. Waktu macet yang dialami oleh warga Jakarta hanya 1 jam lebih singkat ketimbang Bangkok yang berada di peringkat lebih tinggi.  Naik 10 peringkat dari tahun sebelumnya membuat pemerintah harus lebih sigap mencari solusi mengurangi kemacetan ini.

solusi permerintah untuk kemacetan

Dari periode ke periode, solusi mengurangi kemacetan ini selalu masuk dalam agenda utama para gubernur. Beberapa di antaranya bahkan sudah bisa dilihat dan disaksikan oleh warga Jakarta. Apa saja?

  • Push and Pull Policy

Strategi push and pull policy telah lama dilakukan oleh pemerintah Jakarta untuk menekan angka kemacetan. Kebijakan push yang bisa (dan sudah) diterapkan saat ini misalnya dengan pembatasan kendaraan bermotor lewat sistem ganjil-genap, jalan berbayar (ERP), jalur pelarangan bagi sepeda motor, manajemen parkir, area traffic management, hingga pembatasan kepemilikan kendaraan bermotor. Pembatasan penggunaan sepeda motor saja disebut menghemat biaya transportasi sebesar Rp296 juta per hari dari Rp103 millar per tahunnya.

Adapun kebijakan pull dilakukan dengan melakukan perbaikan dan integrasi kendaraan umum seperti Shuttle, KRL serta pemanfaatan teknologi IT.

  • Memperbaiki Titik-Titik Kemacetan

Di Jakarta saat ini ada 17 titik kemacetan yang harus segera mendapatkan penanganan. Ketujuh belas titik tersebut yakni Stasiun Cawang, Jatinegara, Juanda, Tanah Abang, Depok Baru, Pasar Minggu, Manggarai, Cikini, Jakarta Kota, Sudirman, Duren Kalibata, Palmerah, Grogol, Tebet, Klender, Kebayoran, dan Karet.

Perbaikan titik-titik kemacetan ini tentu saja melibatkan banyak proses termasuk mengetahui penyebab utamanya. Jalan yang sempit, lalu lintas yang terlalu padat, parkir on street hingga angkutan umum yang ngetem sembarangan dianggap sebagai penyebab kemacetan paling umum di ibu kota.

  • Memaksimalkan Pengaturan Lalu Lintas

Polri sejak lama sudah melakukan perbaikan pengaturan lalu lintas lewat pengadaan SIM online, e-tilang hingga Samsat online. Namun untuk masalah kemacetan, Polri tidak bisa bertindak sendirian. Perbaikan-perbaikan di lapangan, pengadaan rambu lalu lintas hingga CCTV untuk memantau kemacetan, juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah. Integrasi yang baik dari semua pihak terkait ini akan menjadi salah satu solusi mengurangi kemacetan yang ampuh.

  • Penyempurnaan Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU)

Pengadaan Lajur Khusus Angkutan Umum ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam memberikan layanan angkutan umum yang cepat dan nyaman untuk warganya. Untuk di dalam kota, beberapa trayek Transjabodetabek yang menggunakan Lajur Khusus Angkutan Umum antara lain trayek Mega City (Bekasi Barat) – Plaza Senayan (Jakarta), Botani Square (Bogor) – Plaza Senayan (Jakarta) dan beberapa lajur lain.

  • Menyelesaikan MRT

MRT merupakan singkatan dari Mass Rapid Transport yang sudah diterapkan di banyak negara di dunia. Tujuannya tentu saja menyediakan layanan angkutan umum yang cepat dan nyaman sehingga orang tidak harus turun ke jalan dengan kendaraan pribadinya masing-masing. Di Indonesia sendiri, studi terkait kemungkinan pembuatan MRT untuk Jakarta sudah dimulai sejak tahun 1980.

Jalur MRT Jakarta rencanannya akan dibuat sepanjang kurang lebih 110,8 kilometer dengan dua koridor yakni koridor Selatan – Utara (Lebak Bulus – Kampung Bandan) dan koridir Timur – Barat. Pembangunan tahap 1 yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran HI sudah dilakukan sejak tahun 2013 dan akan beroperasi pada 1 Maret 2019.

Kemacetan terutama bagi kota besar adalah masalah yang mutlak. Penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya secara otomatis membuat aktivitas di jalan semakin padat. Memperbaiki kualitas layanan transportasi umum merupakan salah solusi mengurangi kemacetan di Jakarta. Dengan usaha yang sungguh-sungguh, bukan tak mungkin suatu saat Jakarta akan benar-benar bebas macet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Google+
https://www.insidejakarta.com/news/solusi-pemerintah-untuk-mengurangi-kemacetan-di-jakarta">
Twitter