Inilah 7 Tips Sederhana Mencari Kos – Kosan di Jakarta

Sebagai ibukota negara, Jakarta menjadi salah satu kota tujuan untuk berbagai macam kepentingan. Ada yang datang ke Jakarta untuk bekerja, melanjutkan studi, atau sekadar untuk jalan-jalan. Apapun kepentingan para perantau, tempat tinggal jelas sangat dibutuhkan. Untuk itu, menyewa kos adalah pilihan yang umum dijalani.

Nah, kali ini insidejakarta.com akan memberikan tips kepada teman-teman yang mau cari kos-kosan di Jakarta. Yang namanya mencari tempat tinggal itu ya cocok-cocokan. Betul? Tidak bisa asal mencari saja. Pasti banyak pertimbangannya yang masing-masing dari kita pasti berbeda.

tips mencari kos di Jakarta

Inilah tips yang wajib kamu tau sebelum kamu mencari kos-kosan di Jakarta, tips ini berguna untuk memudahkan kamu mencari kosan dengan kriteria lain yang kamu inginkan nantinya.

  • Carilah daerah yang tidak langganan banjir

Seperti yang sudah umum diketahui, Jakarta merupakan kota yang cukup sering dilanda banjir. Oleh karena itu, ketika mencari kos-kosan di Jakarta, pastikan untuk bertanya ke penduduk sekitar tentang hubungan daerah kos incaran Anda dengan banjir. Bertanyalah, apakah kos incaran Anda berada di daerah banjir atau tidak. Bagaimana pun murahnya harga sewa kos di suatu daerah, pasti akan merepotkan kalau langganan terkena banjir.

  • Tetapkan anggaran kos Anda

Sebelumnya, Anda harus bertanya-tanya terlebih dahulu kepada orang-orang yang pernah menyewa kos di daerah incaran Anda. Cari tahulah rentang harga kos di daerah tersebut. Dengan demikian, Anda tidak akan menjadi korban pemilik kos yang diam-diam menaikkan harga melebihi kewajaran. Selanjutnya, tetapkan anggaran kos yang akan Anda keluarkan setiap bulan. Dengan demikian, Anda cukup menyeleksi kos-kosan yang harganya masih masuk dalam anggaran keuangan Anda. Dengan menyeleksi kos-kosan yang memiliki level harga yang setara, Anda pun bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap kos-kosan dengan lebih obyektif.

  • Cari yang dekat dengan tujuan Anda

Mencari kos yang dekat dengan tujuan harian Anda merupakan tips mencari kos-kosan di Jakarta berikutnya. Jika Anda merantau untuk bekerja, carilah kos yang dekat dengan tempat Anda bekerja. Apabila Anda merantau untuk melanjutkan studi, carilah kos yang dekat dengan kampus. Bagaimana pun, tinggal di kos biasanya ditujukan untuk menghemat biaya transportasi dan waktu perjalanan ‘kan?

  • Dekat dengan warung makan

Nggak lucu kalau Anda lapar tetapi tidak bisa makan karena jauhnya tempat membeli makanan. Oleh karena itu, keberadaan warung makan sejenis warteg di dekat tempat kos merupakan hal yang mutlak tidak boleh ditawar. Jika kos dekat dengan warteg yang bersih, kebutuhan nutrisi Anda pun akan terjaga dengan harga makanan yang terjangkau. Selain itu, jika tidak bisa menyiapkan sendiri, makanan warteg bisa dibungkus sebagai bekal makan siang.

  • Pastikan kemudahan moda transportasi

Jangan sepelekan tips mencari kos-kosan di Jakarta yang satu ini. Meski Anda merantau untuk bekerja atau melanjutkan studi, bukan berarti perjalanan Anda hanya berkisar antara kos dan kantor/kampus saja. Ada kalanya, Anda perlu bepergian agak jauh dan memerlukan alat transportasi umum kan?. Nah maka dari itu, pilihlah tempat kos yang terjangkau dari jalur transportasi umum. Minimal, jika Anda pengguna busway atau transjakarta, pastikan daerah kos Anda bisa dicapai oleh moda transportasi tersebut. Untuk kami yang masih awam, kamu bisa baca postingan cara naik busway transjakarta untuk pertama kali.

  • Tanyakan segala fasilitas kos secara detail

Sebelum menjatuhkan pilihan kos, pastikan Anda telah menanyakan secara detail fasilitas dari kos tersebut. Ketahuilah dengan jelas fasilitas apa saja yang bisa dinikmati dengan harga yang ditawarkan. Cari tahu pula jenis fasilitas seperti apa yang memerlukan tambahan pembayaran. Jangan sampai tagihan kos membengkak di luar perkiraan hanya karena Anda kurang berkomunikasi dengan pemilik kos.

  • Kos bulanan lebih diutamakan

Ada berbagai macam kos yang dapat ditemukan di Jakarta. Dari kos harian, kos pekanan, kos bulanan, maupun kos tahunan. Kalau Anda hendak tinggal dalam waktu yang cukup lama di Jakarta, pilihan kos bulanan lebih cocok untuk Anda. Periode kos seperti ini tidak membuat Anda harus sering-sering berhubungan dengan pemilik kos untuk masalah pembayaran. Sebaliknya, jika Anda merasa tidak betah di kos yang tengah Anda sewa, Anda bisa segera mencari kos pengganti dan pindah kos pada bulan selanjutnya. Bayangkan jika Anda tidak betah di suatu kos tetapi harus menunggu selama satu tahun sebelum akhirnya pindah. Adapun, jika Anda merantau hanya untuk berwisata, kos harian atau pekanan bisa jadi pilihan yang realistis.

***

Bagaimana? Sederhana ‘kan? Mungkin Anda memiliki tambahan pertimbangan, seperti memilih kos campur atau terpisah. Namun, ketujuh tips di atas adalah tips mencari kos-kosan di Jakarta yang paling mendasar. Jadi, sudah siap mencari kos-kosan idaman Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *